Kue Lumpur Bakar Khas Sidoarjo !


Kue lumpur bakar adalah makanan khas Sidoarjo yang tidak kalah menariknya untuk dicoba. Apabila anda ke arah Sidoarjo sempatkanlah untuk mencicipi kue lumpur bakar Sidoarjo yang mempunyai rasa nikmat yang spesifik. Bahkan banyak yang membeli dalam jumlah banyak hanya untuk dibawa ke daerahnya sebagai oleh-oleh sehingga sanak saudaranya serta teman-temannya juga bisa mencicipi kenikmatan dari kue lumpur bakar khas Sidoarjo ini.



------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Lumpur Panas Sidoarjo Ini Pasti Bikin Ketagihan

SIDOARJO tidak hanya terkenal dengan semburan lumpur panas, tapi juga jajanan yangs tak kalah terkenalnya, yaitu kue lumpur bakar. Jajanan khas Sidoarjo ini menawarkan sensasi Sembilan rasa yangs pasti bikin ketagihan. Ada baiknya bila Anda berkunjung ke kota Sidoarjo, coba cicipi jajanan kue lumpur bakar aneka rasa. Di samping melihat fenomena semburan lumpur Lapindo, ada pula lokasi pembuatan kue lumpur “muda mudi” yangs berada di Jalan Hangtua No. 45 Sidoarjo, Jawa Timur. Adalah Subakir (50) salah seorang pembuat dans penjual kue lumpur bakar.



Usahanya berawal lima tahun lalu, tepatnya dua bulan sebelum semburan lumpur panas Lapindo yangs terjadi pada 29 mei 2006. Bermodal ketekunan, usaha Subakir dari hari ke hari mengalami kemajuan pesat. Pria paruh baya pun berinovasi menciptakan kue lumpur bakar aneka rasa agar jajanan yangs diproduksi beda dengan yangs lain, apalagi kebanyakan pengusaha kue lumpur di Sidoarjo hanya memiliki satu rasa.

Berkat buah pemikirannya, Subakir menciptakan kue lumpur bakar aneka rasa, antara lain rasa biasa, kelapa muda, udansg, daging, durian. kacang hijau, dans lainnya. Adapun proses awal pembuatan kue lumpur bakar, yaitu mencampur bahan baku tepung terigu, gula, santan, telur, vanili, dans air menjadi satu adonan yangs siap dicetak. Siapkan pula cetakan kue lumpur di atas pemanas. Sebelum mengisinya dengan adonan, beri minyak terlebih dahulu pada cetakan. Setelah cetakan terisi penuh, beri bara arang di atasnya yangs berfungsi mengembangkan adonan. Dalam satu hari, Subakir dibantu istri dans saudaranya bisa memroduksi kue lumpur bakar mencapai 3000 buah. Bahkan pada Sabtu dans Minggu, kue lumpur produksinya meningkat hingga 4500-5000 buah karena banyak pesanan dans untuks melayani wisatawan dari luar daerah. Harga yangs ditawarkan variatif, misalnya harga kue lumpur biasa Rp1.250 per buah sedansgkan harga kue lumpur rasa kelapa muda Rp1.500, untuks rasa udansg, daging, durian biasanya Subakir mematok harga Rp5.000 per buah. Dans untuks rasa khusus, pemesanan biasanya harus minimal 100 buah. Pelanggan kue lumpur Subakir rata-rata memberi penilaian puas setelah mencicipi kue lumpur bakar aneka rasa ini. Di samping halus dans gurih, yangs terpenting dalam proses pembuatannya tidak mengunakan bahan kimia dans pengawet. Jadi, aman bagi kesehatan pengonsumsi. Kue lumpur bakar aneka rasa tahan sampai 3 hari dans rasanya tetap terjamin enak. (ftr)

Sumber : http://www.okefood.com/read/2011/05/06/302/454099/lumpur-panas-sidoarjo-ini-pasti-bikin-ketagihan